Cara daftar GrabFood merchant bisa kamu lakukan mudah melalui HP dengan mengakses laman situs Grab. Ada beberapa tahapan persyaratan yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaftarkan bisnis kuliner kamu ke GrabFood.Fitur Grabfood dalam aplikasi Grab memungkinkan orang-orang untuk membeli makanan dari restoran, kedai dan warung makan yang menjadi mitra Grabfood. Nantinya akan ada pengemudi Grab yang menjemput makanan tersebut dari restoran dan mengantarkannya kepada pemesan.Menurut laman resmi Grab di www.grab.com/id/merchant/food, saat ini Grabfood sudah beroperasi di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Solo, Manado, Batam, Bandar Lampung, Cirebon, Samarinda, Pekanbaru, Balikpapan, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Jambi, Sukabumi dan Cimahi. Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar GrabFood merchant, ketahui persyaratan yang harus kamu persiapkan sebelum mengajukan permohonan mitra bisnis kuliner berikut ini.
Syarat Daftar Grabfood Merchant
Menyadur laman situs help.grab.com, berikut ini beberapa persyaratan seputar informasi toko untuk daftar menjadi mitra GrabFood.
1. Nama Toko
•Sesuaikan dengan nama toko di banner toko.
•Alamat toko (disertai nomor titik koordinat)
•Pastikan tertera nama dan nomor jalan yang jelas, disertai dengan patokan terdekat, seperti: di sebelah Kantor Pos Tebet, di depan Rumah Sakit Jakarta, dan lain-lain. Sertakan juga nama Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, dan kode pos. Apabila toko terletak di dalam mal, sertakan nomor lantai dan unitnya.
2. Nomor Telepon dan Email Toko
•Sertakan nomor telepon toko kamu, contoh: 628565xxxx.
•Pastikan untuk gunakan domain Gmail untuk email toko kamu. Contoh: [email protected].
3. Foto Tampak Luar toko
Ada beberapa catatan mengenai foto tampak luar toko, antara lain:
•Pastikan terdapat tulisan nama toko kamu (di spanduk, stiker, atau kertas).
•Untuk toko rumahan, harus melampirkan foto pemilik dengan banner yang ada di depan rumah.
•Jika rumah pemilik toko, dapat melampirkan nama toko di atas kertas dan diletakkan di depan rumah, tidak boleh hasil edit.
•Bagi kamu pemilik toko online berbasis media sosial yang ingin mendaftar layanan GrabMart, kamu dapat menggunakan tangkapan layar profil akun bisnis Instagram toko kamu sebagai dokumen pengganti foto tampak luar toko (hanya berlaku jika kamu pemilik akun Instagram Bisnis).
•Pastikan kamu menggunakan profil Instagram Bisnis sebagai pemilik akun.
•Tangkapan layar profil toko kamu sebagai pemilik akun (bukan pengunjung). Pastikan tangkapan layar meliputi informasi seperti jenis akun bisnis di bawah username dan fitur lebih lanjut seperti edit profile/edit profil, promotions/promosi, dan Insight.
•Kamu dapat melampirkan tangkapan layar berbahasa Indonesia ataupun berbahasa Inggris.
4. Foto Tampak Dalam Toko
Untuk foto tampak dalam toko pun terdapat beberapa catatan, yaitu:
•Pastikan terlihat kasir, meja makan, atau dapur.
•Untuk toko rumahan: wajib memperlihatkan foto pemilik dengan produk makanan yang dijual di dalam dapur. Wajah pemilik toko harus sama dengan foto di KTP dan pastikan wajah pemilik toko dan produk makanan menghadap ke kamera dan terlihat jelas.
•Ada 3 (tiga) kriteria toko rumahan, yakni menjual produk makanan hanya di dalam rumah. Hanya melayani take away dan tidak memiliki fasilitas untuk makan di tempat. Dan tidak memiliki etalase/gerobak/kios yang dapat menampilkan produk makanan yang dijual.
•Bagi kamu pemilik toko online berbasis media sosial yang ingin mendaftar layanan GrabMart, kamu dapat menggunakan tangkapan layar salah satu posting produk dari Instagram kamu sebagai pengganti kebutuhan dokumen foto tampak dalam toko (hanya berlaku jika kamu pemilik akun Instagram Bisnis.
•Pastikan tangkapan layar postingan menampilkan foto + username profil kamu, contoh foto produk yang dijual (bukan artikel/informasi) dan termasuk caption dan tanggal posting.
•Tangkapan layar pada postingan untuk pemilik akun bisnis Instagram harus menampilkan Lihat Insight/View Insights dan tombol biru Promosikan/Promote.
•Kamu dapat melampirkan tangkapan layar berbahasa Indonesia ataupun berbahasa Inggris.
5. Foto Logo Toko (jika ada)
•Siapkan foto logo toko kamu dalam bentuk persegi empat (80x80px).
6. Informasi Pemilik
•Foto KTP.
•Foto swafoto (selfie) dengan kartu tanda penduduk (KTP).
•Foto kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
7. Informasi Menu
•Daftar menu.
•Foto daftar menu.
•Foto makanan.
8. Informasi Bank.
•Nomor rekening akun tabungan.
•Foto buku tabungan atau tampilan e-banking.
•Jika informasi rekening berbeda dengan pemilik restoran, kamu dapat melampirkan surat kuasa untuk verifikasi kebenaran data.
Bagi para restoran atau usaha kuliner yang tertarik untuk menjadi mitra Grabfood, simak cara daftar Grabfood merchant untuk mitra restoran, warung makan, kedai dan usaha kuliner lainnya di bawah ini.
Cara Daftar Grabfood Merchant
Cara daftar grabfood merchant sebenarnya sangat mudah, adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.
•Masuk ke laman grab.com/id/merchant/food/
•Lalu, gulir laman ke bawah sampai kamu menemukan formulir Kerja sama Menjadi Mitra Kami.
•Isi formulir tersebut dengan data yang diperlukan, seperti nama restoran, alamat, kota, nama pemilik restoran, nomor handphone, email, dan yang lainnya.
•Setelah memasukkan data dan menyetujui persyaratannya silakan klik “Daftar”.
•Jika sudah, kamu akan mendapatkan e-mail verifikasi dari Grab. Cek email masuk dan klik “Registrasi”.
•Selanjutnya kamu akan mendapatkan e-mail lain yang berisi formulir dan kode verifikasi.
•Setelah itu kamu akan masuk ke laman help.grab.com.
•Lalu isi juga formulir yang ada secara lengkap, mulai dari data umum, jadwal restoran, menu, serta kontak penanggung jawab toko.
•Lalu klik “Permintaan”.
•Jika kamu sudah mengirimkan kelengkapan data dan formulir yang dibutuhkan, pihak Grab akan memeriksa kelengkapan dokumen dan kamu akan dihubungi kembali jika masih terdapat data yang belum diisikan.
•Selanjutnya kamu akan mendapatkan notifikasi email atau sms jika diterima atau tidak.
•Jika dokumen sudah disetujui, calon mitra akan menerima kontrak dari Grabfood. Tanda tangani kontrak tersebut dan ikuti petunjuk pengiriman dokumen melalui OVO.
•Jika aktivasi sudah berhasil, maka restoran akan muncul di halaman Grabfood dan kamu sudah bisa menerima pesanan melalui Grabfood dan menerima pembayaran pesanan melalui OVO.
Itulah ulasan mengenai syarat dan cara daftar Grabfood merchant bagi para pemilik restoran atau usaha kuliner lainnya. untuk pengisian saldo Grab driver bisa anda dapatkan melalui aplikasi Elrelaod. Elreload menyediakan layanan pembelian produk Grab driver , yang kami tawarkan tidak hanya pengisian Grab driver tetapi juga paket data, wifi ID V-fsik, e-wallet, BPJS, Telkom, PDAM , PLN dan juga menu kirim uang. untuk harga yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau.Selain berjualan Grab driver anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari mendaftrkan downline, Jika anda mendaftarkan downline, maka setiap transaksi yang di lakukan downline anda mendapatkan bonus sebesar selisih harga yang anda tetapkan sendiri. bonus itu sendiri berupa komisi, komisi bisa ditukarkan menjadi saldo kapanpun anda mau. Baiklah, mungkin hanya cukup sampai disini saja informasi tentang Syarat Daftar Grabfood Merchant, selamat mencoba!