Cara mengatasi token listrik terblokir bisa dilakukan dengan berbagai metode. Pelanggan bahkan bisa mengadukan masalah tersebut kepada pihak PLN hanya dengan menggunakan ponsel.Token listrik sendiri merupakan sebuah satuan pembayaran yang dipergunakan untuk mengisi ulang daya listrik pada layanan PLN prabayar. Untuk dapat menggunakannya, pelanggan perlu memasukkan 20 digit angka pada meter prabayar saat melakukan isi ulang.Berdasarkan informasi dalam situs resmi PLN, pelanggan bisa mengisi token listrik mulai dari Rp20 ribu, kemudian Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp250 ribu, Rp500 ribu, hingga Rp1 juta. Dengan sistem listrik prabayar, setiap rumah tangga atau pengguna listrik dapat mengontrol pembelian serta penggunaan listrik harian. Lantas, bagaimana cara mengatasi token listrik terblokir? Simak uraian di bawah ini agar dapat mengatasi masalah token listrik yang terblokir.
Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir
Jika meteran listrik terblokir, maka pelanggan tidak akan bisa memasukkan nomor token listrik. Apabila kamu mengalami hal ini saat token listrik telah habis, tentu akan membuat listrik di rumahmu mati.
Oleh karena itu, cara mengatasi token listrik terblokir adalah dengan menghubungi pihak PLN. Kamu bisa menghubungi pihak PLN dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:
1. Hubungi call center PLN
Cara mengatasi token listrik terblokir adalah dengan menghubungi call center PLN di nomor 123. Pastikan memiliki pulsa cukup agar telepon tidak terputus saat masalah belum selesai. Berikut langkah menghubungi call center PLN:
•Hubungi call center PLN di 123.
•Lalu sampaikan pada petugas bahwa meteran listrik di rumah terblokir.
•Setelah itu petugas akan memberitahukan alasan kenapa bisa terjadi masalah tersebut.
•Selanjutnya, ikuti instruksi petugas untuk mengatasinya. Jika kamu tidak paham, mintalah petugas untuk datang ke rumah dan memperbaiki masalah tersebut.
2. Hubungi melalui media sosial PLN
Jika kamu tidak memiliki pulsa yang cukup, maka bisa menghubungi pihak PLN melalui media sosial. Untuk layanan media sosial PLN yang bisa menerima keluhan dari para pelanggannya adalah sebagai berikut:
•Facebook: PLN 123
•Twitter: @pln_123
•Instagram: pln123_pln.co.id
3. Hubungi melalui email
Selain dengan dua cara di atas, pelanggan juga bisa menghubungi pihak PLN melalui email. Alamat email PLN adalah [email protected]. Berikut cara mengatasi token listrik terblokir melalui email:
•Masukkan alamat email PLN pada bagian “To” atau “Kepada”
•Kemudian tulis “Token Listrik Terblokir” pada bagian subjek email
•Lalu, beritahu masalah yang kamu alami pada bagian badan email. Sertakan juga informasi mengenai data diri kamu, seperti nama lengkap, nomor ID pelanggan atau no meter, alamat rumah, dan nomor telepon.
•Selanjutnya klik “Kirim”.
•Jika sudah, kamu tinggal menunggu balasan dari pihak PLN.
4. Hubungi melalui PLN Mobile
PLN Mobile merupakan aplikasi yang dikeluarkan secara resmi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mengelola penggunaan listrik hanya lewat ponsel.
Aplikasi PLN Mobile juga bisa jadi tempat bagi pelanggan untuk mengadukan segala kendala terkait listrik di rumah mereka. Berikut cara mengatasi token listrik terblokir melalui PLN Mobile:
•Klik menu “Pengaduan”
•Pilih salah satu jenis pengaduan gangguan, penting untuk diketahui bahwa jenis gangguan hanya dapat diubah sebelum memasukkan ID Pelanggan/No. Meter
•Lalu pilih ID Pelanggan/No. Meter yang telah terdaftar pada akun PLN Mobile, atau masukkan ID Pelanggan/No. Meter secara manual jika belum terdaftar
•Pastikan tagging koordinat lokasi gangguan telah sesuai, kemudian pilih “KONFIRMASI”, kemudian pilih “YA” apabila telah sesuai
•Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “KIRIM PENGADUAN”
•Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.
5. Datangi kantor PLN terdekat
Cara mengatasi token listrik terblokir yang terakhir adalah dengan mendatangi kantor PLN terdekat. Namun, pastikan untuk datang saat jam operasional masih berlangsung, yakni pukul 08.00-17.00.
Saat datang ke kantor PLN terdekat, kamu bisa langsung bertemu petugas yang sedang berjaga lalu katakan permasalahan yang dialami. Nantinya sang petugas akan memberikan solusi dan apabila diperlukan, mungkin akan ada petugas yang datang ke rumah untuk memperbaiki meteran listrik.
untuk pengisian token listrik bisa anda dapatkan melalui aplikasi Elrelaod. Elreload menyediakan layanan pembelian produk token listrik , yang kami tawarkan tidak hanya pengisian token listrik tetapi juga paket data, wifi ID V-fsik, e-wallet, BPJS, Telkom, PDAM , PLN dan juga menu kirim uang. untuk harga yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau.Selain pembelian token listrik anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari mendaftrkan downline, Jika anda mendaftarkan downline, maka setiap transaksi yang di lakukan downline anda mendapatkan bonus sebesar selisih harga yang anda tetapkan sendiri. bonus itu sendiri berupa komisi, komisi bisa ditukarkan menjadi saldo kapanpun anda mau. Baiklah, mungkin hanya cukup sampai disini saja informasi tentang Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir dengan berbagai metode. semoga bermanfaat!