Untuk menanggapi datangnya keluhan, pertanyaan, atau masukan dari para pelanggannya, PT PLN (PERSERO) menyediakan cara pengaduan PLN lewat WhatsApp. Cara pengaduan PLN lewat WhatsApp ini tentunya menjadi sebuah langkah praktis yang bisa dilakukan dan diakses dengan mudah oleh para pelanggan PLN khususnya pengguna layanan pascabayar. Melansir dari buku Pendidikan dan Perlindungan Konsumen, karya Lilik Noor Yuliati dan Megawati Simanjuntak(2022:224), secara umum, layanan pengaduan PLN bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yang mengalami gangguan listrik di rumah. Misalnya, gangguan listrik karena power failure atau listrik padam, voltase listrik mendadak tinggi (power surge), hingga te.angan listrik turun tiba-tiba (power SAG). Ada beberapa jenis layanan pengaduan PLN yang bisa dipilih pelanggan. Mulai dari langsung menghubungi pihak PLN melalui telepon sampai melalui akun media sosial.
Cara Pengaduan PLN Lewat WhatsApp
Kemajuan teknologi informasi membuat segala sesuatunya lebih mudah. Jika teknlogi ini digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, tentu akan membantu masyarakat banyak. Salah satu kemudahan yang bisa kita rasakan adalah soal pengaduan listrik PLN.Pengaduan PLN lewat WhatsApp kini bisa dimanfaatkan oleh para pelanggan pascabayar, salah satunya dengan cara berikut:
1. Siapkan nomor kWh meter dan foto stan meter.
2. Buka aplikasi WhatsApp dan kirim pesan melalui nomor 08122 123 123.
3. Ketik 2 untuk lapor pemakaian pascabayar
4. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ada dalam WhatsApp.
Salah satu pengaduan yang bisa dilakukan adalah pelaporan angka stan meter bisa dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp. Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.
Mencegah Modus Penipuan Oknum Mengaku Petugas PLN
Cara pengaduan PLN lewat WhatsApp ternyata juga dibuat dengan tujuan bisa mengurangi adanya peluang penipuan oknum yang mengaku sebagai petugas PLN.Ciri- ciri petugas PLN resmi:
1. Setiap petugas PLN yang datang ke rumah dilengkapi dengan tanda pengenal, seragam resmi, surat tugas dan berkendaraan dinas.
2. Tidak ada transaksi keuangan di tempat.
3. PLN menerbitkan nomor registrasi untuk dibayar di bank atau payment point online bank (PPOB)
4. Setiap transaksi ada kode khusus untuk keabsahan transaksi perbankan.
Jadi, pastikan untuk selalu mengenai ciri-ciri ini setelah melakukan pengaduan PLN lewat WhatsApp atau metode lainnya yang memerlukan kedatangan pihak PLN ke rumah Anda. untuk pengisian token listrik bisa anda dapatkan melalui aplikasi Elrelaod. Elreload menyediakan layanan pembelian produk token listrik , yang kami tawarkan tidak hanya pengisian token listrik tetapi juga paket data, wifi ID V-fsik, e-wallet, BPJS, Telkom, PDAM , PLN dan juga menu kirim uang. untuk harga yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau.Selain pembelian token listrik anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari mendaftrkan downline, Jika anda mendaftarkan downline, maka setiap transaksi yang di lakukan downline anda mendapatkan bonus sebesar selisih harga yang anda tetapkan sendiri. bonus itu sendiri berupa komisi, komisi bisa ditukarkan menjadi saldo kapanpun anda mau. Baiklah, mungkin hanya cukup sampai disini saja informasi tentang Cara Pengaduan PLN Lewat Whatsapp. semoga bermanfaat!