Bagaimana jika pengajuan pengembalian dana Shopee ditolak oleh penjual? Terkadang, saat melakukan belanja secara online terdapat masalah tertentu yang membuat pembeli mengajukan pengembalian dana.Di Shopee, pembeli bisa meminta pengembalian dana maupun barang jika terjadi sesuatu pada barang yang dibeli. Namun, saat mengajukan pengembalian dana, terkadang ada penjual yang menolaknya.
Lalu, bagaimana jika hal itu terjadi? Sebelum itu, simak terlebih dahulu tata cara pengembalian dana di Shopee berikut.
Cara Pengembalian Dana di Shopee
Berdasarkan laman situs resminya, berikut cara mengajukan pengembalian dana di Shopee:
1. Buka aplikasi Shopee
Buka aplikasi Shopee pada ponsel.
2. Pilih menu ‘Dikirim’
Pilih menu ‘Dikirim’ yang ada di halaman profil.
3. Pilih produk yang akan dikembalikan
Klik opsi ‘Rincian Pesanan’, lalu pilih menu ‘Ajukan Pengembalian’.
4. Pilih alasan pengajuan pengembalian dana
Pilih salah satu alasan mengajukan pengembalian dana. Sesuaikan dengan kondisi yang dialami.
5. Lengkapi data yang diperlukan
Lengkapi berbagai data yang diperlukan seperti bukti hingga deskripsi produk yang akan dikembalikan.
6. Pilih ‘Kirim’
Klik ‘Pilih Solusi’ dan pilih ‘Kirim’.
Pihak Shopee akan menginformasikan ihwal pengajuan yang telah dibuat melalui aplikasi dan email terdaftar. Apabila disetujui, secara otomatis pelanggan akan diarahkan ke pengembalian dana. Dana pun akan dikembalikan melalui ShopeePay atau nomor rekening.Umumnya, pengembalian dana untuk produk Shopee Mall membutuhkan waktu tiga hingga lima hari kerja. Sementara untuk produk non-Shopee Mall memerlukan waktu tujuh hari sejak resi diinput atau maksimal dua hari sejak status pengiriman dilakukan.
Bagaimana Jika Pengembalian Dana Shopee Ditolak?
Hal pertama yang bisa pembeli lakukan jika pengajuan dana ditolak adalah berdiskusi dengan penjual hingga mencapai kesepakatan. Bila pembeli dan penjual masih tak mencapai kesepakatan, penjual dapat mengajukan bantuan ke tim Shopee. Nantinya tim dapat menilai pengajuan dan mengambil keputusan.Mengutip laman situs resmi Shopee, permintaan bantuan ke tim Shopee harus dilakukan dalam waktu tiga hari sejak tanggal pengembalian dana diajukan. Penjual dapat mengajukan permohonan bantuan ke tim Shopee jika:
•Penjual tidak dapat mencapai kesepakatan dengan pembeli.
•Pembeli mengklaim bahwa mereka belum menerima barang.
•Barang yang dikembalikan dari pembeli dalam keadaan rusak atau tidak layak pakai.
•Barang dikembalikan setelah batas waktu yang ditentukan.
Total waktu yang dibutuhkan tim Shopee untuk mengambil keputusan tentang pengembalian dan pengembalian uang adalah 3 hari, yaitu untuk:
•Mengumpulkan data pendukung yang diperlukan untuk memperkuat pengajuan pembeli/penjual.
•Memeriksa dan menghubungi pembeli/penjual.
•Melakukan investigasi ke tim terkait jika diperlukan.
Jika dalam tiga hari penjual dan/atau pembeli tidak merespons dan memberikan bukti, keputusan akan diambil sesuai hasil investigasi Tim Shopee. Keputusan ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.untuk pengisian saldo shopee pay bisa anda dapatkan melalui aplikasi Elrelaod. Elreload menyediakan layanan pembelian produk shopee pay , yang kami tawarkan tidak hanya pengisian shopee pay tetapi juga paket data, wifi ID V-fsik, e-wallet, BPJS, Telkom, PDAM , PLN dan juga menu kirim uang. untuk harga yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau.Selain berjualan shopee pay anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari mendaftrkan downline, Jika anda mendaftarkan downline, maka setiap transaksi yang di lakukan downline anda mendapatkan bonus sebesar selisih harga yang anda tetapkan sendiri. bonus itu sendiri berupa komisi, komisi bisa ditukarkan menjadi saldo kapanpun anda mau. Baiklah, mungkin hanya cukup sampai disini saja informasi tentang Cara pengembalian dana shopee jika ditolak,Semoga bermanfaat!