Salah Beli Barang Dan Makanan?  Begini Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Dan Shopeefood

Salah Beli Barang Dan Makanan? Begini Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Dan Shopeefood

Salah satu platform e-commerce yang terkenal adalah Shopee. Pada saat berbelanja online, ada kalanya ingin membatalkan pesanan karena berbagai alasan. Simak cara membatalkan pesanan di Shopee dan ShopeeFood.Melansir dari laman shopee.co.id, untuk pengguna internet di seluruh wilayah, Shopee menawarkan pengalaman berbelanja satu atap yang menyediakan berbagai pilihan produk. Produk yang diperjualbelikan di Shopee meliputi pakaian, produk elektronik, sampai makanan.Pada artikel ini, penulis akan menjelaskan bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee dan ShopeeFood. Sebelum mengetahui langkah mudahnya, berikut ketentuan pembatalan pesanan yang wajib kamu ketahui.

Ketentuan Pembatalan Sesuai Jenis Pesanan
1. Pesanan dalam negeri yang sudah dibayar (tanpa pre-order)
Pembatalan dapat dilakukan instan setiap saat sebelum pengiriman diatur oleh penjual atau sebelum 1 jam setelah pesanan dibuat. Kamu tidak akan dapat membatalkan pesanan setelah pengiriman telah diatur.

2. Pesanan dalam negeri yang sudah dibayar (pre-order)
Kamu akan memerlukan persetujuan penjual untuk pembatalan terlepas dari apakah pengiriman telah diatur. Setelah permintaan kamu dikirimkan, penjual harus merespons dalam waktu 3 1 hari kerja. Jika penjual dan kamu gagal melakukannya, pesanan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem dan dana akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang kamu gunakan.

3. Membayar pesanan luar negeri (tanpa pre-order)
Pembatalan dapat dilakukan instan dalam 1 jam setelah kamu melakukan pemesanan, sebelum pengiriman diatur oleh penjual. Setelah 1 jam, kamu memerlukan persetujuan penjual untuk membatalkan pesanan. Pembatalan tidak dapat dilakukan setelah pengiriman telah diatur.Pembatalan instan dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi, selama penjual belum mengatur pengiriman untuk tipe layanan:
•Instant (Shopee Express Instant, GoSend Instant, dan Grab Express Instant)
•Same Day (Shopee Express Same Day, GoSend Same Day, dan Grab Express Same Day)
•JNE Non-Cashless.
•JNE OKE.
•Pos Kilat Khusus.
•Indah Logistik.
•Termasuk ongkos kirim.
•Pesanan Pre-order.

Pembatalan instan dapat dilakukan oleh pembeli kapan pun sebelum penjual mengatur pengiriman pesanan untuk tipe layanan:
•Next Day (JNE YES)
•Reguler (Shopee Express Standart, J&T Express, SiCepat REG, Anteraja, Ninja Xpress, ID Express, dan JNE Reguler)
•Hemat (Shopee Express Hemat, J&T Economy, SiCepat HALU, dan PakEkoAja)
•Kargo (JNE JTR dan SiCepat)
•Ambil di tempat.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Setelah mengetahui apa saja ketentuannya di atas, mengutip dari halaman help.shopee.co.id saat berbelanja online kamu dapat membatalkan pesanan di ShopeeFood dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
1. Buka Aplikasi Shopee,Lalu masuk ke halaman “Saya” di kanan bawah layar.
2. Pilih Menu ‘Belum Bayar’ atau ‘Dikemas’ atau Dikirim’Jika produk dalam menu “Belum Bayar” atau “Dikemas”, pembeli tidak bisa memilih produk yang akan dibatalkan. Kamu hanya bisa melakukan pembatalan untuk semua produk dalam pesanan.
3. Pilih Pesanan yang Mau Dibatalkan,Lalu pilih pesanan yang ingin kamu batalkan. Jika produk dalam menu “Dikemas”, pembeli bisa memilih pengajuan pembatalan untuk beberapa produk, namun pembatalan hanya dapat dilakukan satu kali untuk setiap pesanan. Jika Penjual menolak pengajuan pembatalan atau Pembeli membatalkan pengajuan pembatalan pesanan,maka fitur pembatalan pesanan secara otomatis tidak dapat digunakan kembali untuk pesanan tersebut.
4. Konfirmasi Pembatalan,Kemudian klik “Batalkan Pesanan” lalu pilih “Alasan Pembatalan” lanjutkan dengan mengklik “Konfirmasi”.

Cara Membatalkan Pesanan di ShopeeFood
Masih dari halaman help.shopee.co.id kamu dapat membatalkan pesanan di ShopeeFood, adapun cara-caranya ialah sebagai berikut.
1. Pembatalan pesanan hanya dapat dilakukan jika kamu belum menekan tombol “Beli Pesanan”. Maka pastikan terlebih dahulu bahwa Pelanggan dan pihak restoran yakin untuk membatalkan pesanan.
2. Apabila terpaksa harus membatalkan pesanan, klik “Batalkan Pesanan” di sebelah kanan aplikasi.
3. Pilih alasan pembatalan dengan tepat dan jujur. Kamu bisa menceritakan alasan kenapa kamu membatalkan pesanan lebih lanjut di kolom yang tersedia.
4. Klik icon “Kamera” jika kamu ingin melampirkan bukti alasan pembatalan pesanan lebih lengkap. Jika sudah, klik Ajukan.
5. Kamu akan diminta untuk konfirmasi kembali jika ingin membatalkan pesanan. Klik Batalkan Pesanan jika kamu yakin untuk membatalkan.

Untuk kenyamanan Driver dan Pelanggan, pastikan untuk menerima dan menyelesaikan semua pesanan yang masuk di aplikasi ShopeeFood Driver tanpa pembatalan. Agar pesanan semakin sering masuk ke Aplikasi, harap terima dan selesaikan semua pesanan tanpa pilih-pilih. Jika tidak bisa, atau tidak ingin menerima pesanan, pastikan status kamu sudah offline ya.

untuk pengisian saldo shopee pay bisa anda dapatkan melalui aplikasi Elrelaod. Elreload menyediakan layanan pembelian produk shopee pay , yang kami tawarkan tidak hanya pengisian shopee pay tetapi juga paket data, wifi ID V-fsik, e-wallet, BPJS, Telkom, PDAM , PLN dan juga menu kirim uang. untuk harga yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau.
Selain berjualan shopee pay anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari mendaftrkan downline, Jika anda mendaftarkan downline, maka setiap transaksi yang di lakukan downline anda mendapatkan bonus sebesar selisih harga yang anda tetapkan sendiri. bonus itu sendiri berupa komisi, komisi bisa ditukarkan menjadi saldo kapanpun anda mau. Baiklah, mungkin hanya cukup sampai disini saja informasi tentang Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Dan Shopeefood, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu, ya!

Leave a Reply